Banyak yang bilang, Son Heung-min adalah pesepakbola Asia terbaik saat ini. Lebih dari itu, dia pun sudah jadi duta Korea Selatan untuk dunia.
Son Heung-min terus menampilkan performa apik untuk klubnya Tottenham Hotspur. Sejauh ini, dia membawa Spurs duduk di 4 besar klasemen Premier League, melaju ke semifinal Liga Champions dan jadi pemain Asia yang mencetak gol terbanyak (12 gol) di kompetisi tersebut.
127 Penampilannya di Premier League sejak tahun 2016 hingga kini, Son sudah mencetak 42 gol dengan 12 assists. Untuk negaranya, Son telah memberikan medali emas Asian Games 2018 cabang sepakbola.
Memang, sebelum Son ada beberapa pemain Korea Selatan yang bersinar di Eropa sebut saja Park Ji-sung. Namun era sudah berganti, meski ada beberapa kini Son yang ambil alih.
Lewat sepakbola, sejatinya Son sudah membuat harum negaranya, Korea Selatan termasuk untuk urusan pariwisata. Bahkan The Guardian menulis, seperti dirangkum detikcom, Kamis (25/4/2019) banyak turis Inggris yang liburan ke Korea Selatan gara-gara Son Heung-min.
Mereka dibuat penasaran seperti apa Korea Selatan, baik dari alam, budaya hingga makanannya. Jika dulu rasa was-was seperti kendala bahasa membuat turis Inggris enggan ke sana, maka kini tidak lagi. Seperti cinta, membutakan segalanya.
Data tahun 2017 dari Visit Britain, tercatat 194 ribu turis dari Inggris Raya datang ke Korea Selatan. Angka itu diperkirakan akan meningkat. Pun sebaliknya, turis Korea Selatan juga makin banyak yang terlihat lalu-lalang di London, markasnya Tottenham Hotspur untuk menonton aksi Son.
Aksi Son yang ciamik dan pribadinya yang kalem, begitu mudah menjadikannya sebagai idola. Tak hanya fans Tottenham Hotspur, mungkin fans-fans klub Inggris lain memuji Son. Apalagi kalau fansnya dari Asia (apapun negaranya), ada kebanggaan orang Asia dapat begitu bersinar di Premier League.
"Popularitas Son lebih dari sekadar pemain sepakbola atau atlet. Son membawa sepakbola dan nama Korea Selatan melambung tinggi," kata seorang jurnalis olahraga di Korea Selatan, Lee Sungmo kepada CNN Travel.
Sepakbola dan pariwisata, tampaknya sudah jadi satu kesatuan. Mau bukti? Cristiano Ronaldo merambah bisnis pariwisata dengan membangun hotel-hotel berkelas di kampung halamannya, Portugal.
Dengan popularitasnya, tak sulit CR7 mencuri minat para turis yang penasaran untuk bermalam di hotelnya. Apalagi, bisa dapat tandatangannya gratis.
Hal yang sama dilakukan oleh negara Kroasia. Saat mencuri perhatian dengan menjadi runner-up Piala Dunia 2018 kemarin, Kroasia memanfaatkan pemain-pemain sepakbolanya untuk promosi pariwisata.
Luka Modric sampai Dejan Lovren mengenalkan tiap keindahan wisata alam dan budaya di Kroasia. Tentu, menjadi suatu iklan promosi pariwisata yang unik.
Kembali ke Son, Korea Selatan sepertinya sudah punya banyak duta pariwisata. Khususnya dari dunia K-Pop, yang membuat fans-fans boyband atau girlband berduyun-duyun datang ke Korea Selatan. Agar makin hakiki rasanya, menjadi fans sejati.
Apakah nanti, Son benar-benar dikukuhkan sebagai duta pariwisata Korea Selatan?
Mungkin, mungkin lho ya. Jika Son tetap tampil konsisten dan meraih banyak prestasi (atau okelah misalnya juga gabung ke klub besar macam Real Madrid), maka pamor Son makin meroket.
Nice one Sonny. Nice one Son!