Melihat sinar matahari adalah barang mewah bagi warga sebuah kota di Finlandia. Mereka sampai depresi dan ingin bunuh diri.
Dilihat detikTravel dari situs Visit Finland, Senin (29/1/2019) Lapland merupakan sebuah kawasan di Finlandia yang terletak di sisi paling utara dan berbatasan langsung dengan Swedia, Norwegia dan Rusia. Selain lokasinya yang cukup jauh, Selain tempat melihat Aurora, Lapland juga dikenal akan sejumlah fenomena unik.
Di musim dingin misalnya, Lapland hanya disinari oleh matahari selama 4 jam dalam sehari. Sisanya, hanya kegelapan dan udara dingin yang bisa mencapai suhu minus 20 derajat Celcius.
Setidaknya itu yang dirasakan oleh sekitar 1.900 orang di Kota Enontekio, Lapland. Di musim dingin yang berlangsung hingga 7 bulan setahun itu, masyarakatnya pun dituntut untuk terbiasa.
Dijelaskan oleh salah satu traveler bernama Michael Wayne kepada News Australia, bahwa kondisi tersebut juga tampak dari para masyarakatnya. Mungkin karena udara yang dingin, senyum di wajah adalah salah satu hal yang tak biasa Anda jumpai di sana. Obrolan atau basa-basi pun jadi hal langka di sini.
Fakta unik lainnya, Lapland di Finlandia juga diketahui memiliki tingkat bunuh diri tertinggi dibanding negara Eropa lainnya. Tinggal di tempat dengan kondisi seperti itu bisa jadi membuat depresi.
Namun, kesan kelam tersebut akan menghilang saat sinar matahari bersinar. Seiring dengan datangnya matahari, masyarakat sekitar beranjak keluar untuk mengobrol dan beraktivitas.
Melihat sinar matahari di Lapland adalah sebuah keistimewaan. Bersyukurlah kita orang Indonesia yang berlimpah matahari sepanjang tahun.
Cara ke Sana:
Traveler bisa mencapai Enontekio melalui bandara internasional Kittila di Lapland, dengan terlebih dulu terbang dari ibukota Finlandia di Helsinki.
Ambisius! Norwegia Mau Bikin Terowongan Mengambang Dalam Air
Norwegia terkenal dengan pemandangan alamnya. Karena sulitnya medan, pemerintahnya berencana membangun terowongan yang mengambang di dalam air.
Melansir CNN Style, Selasa (29/1/2019), lanskap Norwegia amat cantik dengan karena ada gletser, tebing mengesankan hingga pegunungan. Untuk memotong waktu perjalanan hingga setengahnya pemerintah punya proyek infrastruktur senilai USD 40 miliar atau setara Rp 563,7 triliun untuk membuat rute itu bebas dari kapal feri.
Untuk diketahui sebelumnya, ada lebih dari 1.000 fjord atau celah daratan dengan tebing tinggi di kanan kirinya. Traveler yang melakukan perjalanan 1.100 kilometer antara Kota Kristiansand di selatan dan Trondheim di utara harus melalui pantai barat dan saat ini membutuhkan waktu 21 jam karena ada tujuh penyeberangan kapal feri.
Rencananya, akan dibangun jalan yang termasuk jembatan hingga terowongan terdalam dan terpanjang di dunia sedalam 392 meter dengan panjang 27 kilometer. Tetapi aspek yang paling ambisius adalah pengembangan terowongan terapung terendam 30 meter di bawah permukaan air.
Jika berhasil, Norwegia akan jadi juara dunia mengalahkan China, Korea Selatan dan Italia, yang mengembangkan proyek serupa. Norwegian Public Roads Administration (NPRA), badan pemerintah yang bertanggung jawab atas proyek ini, ingin menyelesaikan konstruksinya pada tahun 2050.
Dijelas Kjersti Kvalheim Dunham, seorang manajer proyek di NPRA, rute antara Kristiansand dan Trondheim adalah bagian dari E39, yang merupakan rute utama di Norwegia. Rutenya kombinasi dari jalan raya dan menggunakan kapal feri di sepanjang pantai Norwegia barat daya.
Lebih dari 50% komoditi ekspor Norwegia berasal dari daerah ini. Namun rute ini memiliki standar yang sangat rendah untuk jalan di kawasan Eropa, kesulitan lainnya menyeberangi fjord menggunakan feri atau berkendara memutar yang menghabiskan waktu.
Pemerintah bermaksud untuk meningkatkan transportasi untuk tujuan komersial juga untuk kesejahteraan penduduk lokal. Akan ada pembangunan tiga jembatan biasa dan lima jembatan mengambang atau ponton.
Ketika sebuah fjord dengan kedalaman lebih dari 1 kilometer dan lebar lebih dari 5 kilometer, solusi teknik terbaiknya adalah dengan tidak memotongnya. Dasar laut akan terlalu dalam dibor untuk terowongan atau fondasi jembatan gantung.