Masyarakat India langsung heboh begitu pemerintahnya mengumumkan larangan untuk 59 aplikasi asal China. Tapi ada satu nama populer yang tidak ikut terseret pencekalan ini yaitu PUBG Mobile.
PUBG Mobile merupakan game besutan Tencent, perusahaan konglomerat asal China. Begitu tahu bahwa game favorit mereka tidak kena pencekalan, gamer India langsung bernapas lega.
Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Rabu (1/7/2020) pemain PUBG Mobile di India langsung memperlihatkan perasaan leganya di media sosial. Mereka membanjiri Twitter dengan meme, bahkan membuat tagar #PUBGBan menjadi trending topic di India.
#tiktokbanned well I m a #PUBG lover too no #pubgban pic.twitter.com/BAziQEUTAR
— Priyanka Mallik (@mallikbaby) June 30, 2020
Pubg watching other Chinese apps get banned #TikTok pic.twitter.com/e7xzq84KI5
— twiter.lines (@TwiterLines) June 29, 2020
#pubgban trending pic.twitter.com/mzEB2SxJQV
— رومانا (@RomanaRaza) June 30, 2020
Tidak diketahui apa yang membuat PUBG Mobile tidak masuk dalam daftar aplikasi yang dicekal. Bukan karena PUBG Mobile adalah game, mengingat game populer Clash of Kings juga ikut dicekal.
Aplikasi buatan Tencent lainnya juga tidak seberuntung PUBG Mobile. Seperti WeChat yang bernasib sama seperti TikTok dkk dan masuk dalam daftar pencekalan.
Sejumlah media India memperkirakan PUBG Mobile bisa lolos dari pencekalan karena game ini dikembangkan berdasarkan game PC PlayerUnknown's Battlegrounds buatan Bluehole yang berasal dari Korea Selatan.
Sedangkan PUBG Mobile dikembangkan oleh Tencent yang mendapatkan lisensi untuk membuat versi mobile dari game tersebut.
Popularitas PUBG Mobile di India memang tidak diragukan lagi. Berdasarkan data Sensor Tower, game battle royale ini merupakan game paling laris di Apple App Store di India dan game paling laris kedua di Google Play Store.
Popularitas ini juga pernah membawa masalah bagi PUBG Mobile di India. Tahun lalu, empat kota di negara bagian Gujarati sempat memblokir PUBG Mobile secara sementara karena dianggap mendorong anak-anak berperilaku keras dan tidak fokus di sekolah.
Bahkan 21 orang sempat ditahan karena memainkan game tersebut. Tapi pencekalan ini kemudian ditarik setelah protes di media sosial.
Pamor TikTok di RI Meroket, Konsumsi Data Buat Instagram Boros
Berbicara soal pamor media sosial (medsos) di Indonesia, rupanya TikTok menjadi primadona dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram.
Keempat medsos tersebut jadi yang teratas dipakai pelanggan Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia, di mana TikTok yang mengandalkan video pendeknya itu melejit kepopulerannya di Tanah Air.
Tercatat, dari total pelanggan Tri saat ini, 95% di antaranya merupakan pengguna smartphone. Terlebih lagi, rata-rata pelanggan Tri tersebut menggunakan hingga 70% dari kuota mereka habiskan untuk berselancar di medsos.
Dari data yang dibagikan Tri, Facebook memang juaranya bila dilihat jumlah rata-rata pelanggan yang menggunakan medsos setiap bulannya. Bahkan, jika disandingkan dengan Instagram yang di posisi kedua, masih tinggi Facebook atau dua kali lipatnya.
Menariknya, TikTok sebuah medsos relatif baru, tetapi berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat, sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang sangat tipis di jaringan Tri.
"Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Melalui media sosial, keluarga, teman, hingga kerabat yang sudah lama tidak bertemu dan terpaut jarak yang jauh, kini dapat tetap saling terhubung secara personal dengan cara yang mudah dan sederhana," tutur Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung dalam siaran persnya.
Sementara berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi medsos yang rata-rata konsumsi per harinya paling tinggi. Tinginya konsumsi tersebut karena basis konten Instagram yang berupa foto dan video.
Di sisi lain, Twitter yang kontennya berbasis teks, memiliki konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.
Tri mengatakan lalu lintas data medsos di jaringannya meningkat pesat sebesar 60% jika dibandingkan dengan tahun dengan periode yang sama pada tahun lalu.
Agar pelanggannya tetap nyaman dalam berselancar, Tri mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru caching solution. Teknologi ini dikatakan dapat membantu mempercepat akses pengguna ke beberapa medsos.
Bersama dengan koneksi 4,5G Pro yang sekarang sudah delapan kali lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33 ribu desa di Indonesia, pelanggan Tri akan dapat menikmati pengalaman berselancar yang oke di medsos.
https://indomovie28.net/black-clover-episode-20-subtitle-indonesia/