Sabtu, 04 Juli 2020

Biar Maknyos, XL Perkuat Jaringan di Calon Ibu Kota Negara

 XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi miliknya ke calon ibu kota negara Indonesia, yakni di Kalimantan Timur.
Sepanjang jalan tol Balikpapan - Samarinda (Tol Balsam) yang telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun lalu, jadi pilihan XL Axiata dalam memperkuat jaringan telekomunikasinya. Tercatat, lebih dari 190 Base Transceiver Station (BTS) telah beroperasi untuk melayani pengguna tol pertama di Kalimantan ini yang membentang sejauh 99,35 km ini.

Menurut Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, keberadaan Tol Balsam itu dinilai sangat vital sebagai mobilitas masyarakat di sana.

"Sejak Pemerintah RI resmi menetapkan calon ibu kota negara yang baru akan berada di Kalimantan Timur, kami fokus mempersiapkan infrastruktur dan ekosistem dan jaringan telekomunikasi di wilayah Kalimantan Timur," ujarnya seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2020).

Saat ini, pengguna jalan Tol Balsam bisa menikmati layanan XL Axiata yang didukung lebih dari 190 BTS termasuk lebih dari 80 BTS di antaranya adalah BTS 4G LTE. Kata I Gede Darmayusa, pembangunan jaringan masih akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan pelanggan yang menggunakan jalan bebas hambatan tersebut, serta masyarakat yang bermukim di sekitarnya.

Selain tersedia di Tol Balsam, jaringan data XL Axiata ini juga telah menyelimuti sembilan kota/kabupaten di Kalimantan Timur dengan dukungan total lebih dari 2.200 BTS, termasuk lebih dari 890 BTS merupakan BTS 4G LTE.

Selain itu, operator seluler ini menyatakan kesiapannya dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi sesuai dengan rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol baru terusan dari Samarinda-Bontang sepanjang 60 km, di mana nantinya akan menghubungkan wilayah ibukota negara baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara serta juga akan terkoneksi dengan jalan Tol Balsam.

Fiberisasi Jaringan Kalimantan

Kalimantan turut jadi target proyek fiberisasi jaringan yang digencar oleh XL Axiata. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 5.000 km dan mencakup 212 BTS. Sementara itu, hingga akhir tahun 2020 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik sepanjang sekitar 4.500 km yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Fiberisasi yang dilakukan XL Axiata ini sebagai langkah persiapan perusahaan dalam menggelar jaringan 5G di masa mendatang. Seperti diketahui, 5G menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Berdasarkan data per Maret 2020, XL Axiata memiliki lebih dari 133 ribu BTS, sebanyak lebih dari 43 ribu BTS adalah 4G yang melayani pelanggan di 449 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk proyek fiberisasi, perusahaan menyebutkan telah melakukannya di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data memerlukan upgrade ke jaringan fiber. Saat ini fiberisasi XL telah mencapai 53% dari total target di tahun 2020, menjangkau sekitar 200 kota/kabupaten.
https://kamumovie28.com/cast/satsuki-mochida/

Jumat, 03 Juli 2020

Telkomsel Sebut Akses Netflix Dibuka Tidak Lama Lagi

 Telkomsel memberikan sinyal baru terkait kapan layanan video on demand Netflix bisa diakses di jaringannya.
Kendati tidak menyebutkan tanggal pastinya, namun pernyataan Telkomsel kali ini seakan memberi tanda bahwa pemblokiran Netflix di jaringan Telkom Group tidak lama lagi akan dibuka dan diakses para pelanggannya.

"(Netflix bisa diakses Telkomsel) Itu tidak lama lagi. Kira-kira seperti itu," ucap Head of Home LTE Telkomsel Arief Pradetya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (2/7/2020).

Pernyataan tersebut bermula dari Telkomsel yang baru saja memperkenalkan Telkomsel Orbit, sebuah produk layanan internet berbasis WiFi yang mengandalkan jaringan 4G LTE. Apakah, Telkomsel Orbit ini memungkinkan dapat mengakses Netflix?

"Saya haya bisa bilang dalam waktu dekat Netflix akan bisa. Mengenai kapannya? Nanti pasti akan ada pengumuman secara terpisah," ujar dia.

Sebagai informasi, Telkom menutup akses Netflix di jaringan IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel, sejak pengumuman ekspansi Netflix ke Indonesia pada awal 2016 silam sampai sekarang.

Dalam beberapa kesempatan terakhir, perusahaan BUMN ini mengakui bahwa mereka dan Netflix sedang dalam proses pembicaraan untuk berkolaborasi. Akan tetapi, Telkom memberi sinyal agar perusahaan asal AS itu terlebih dahulu mematuhi peraturan yang berlaku, salah satunya soal take down konten untuk menjamin kenyamanan pelanggan.

Jadi Andalan, Gojek Luncurkan J3K Saat Tatanan Hidup Baru

 Gojek meluncurkan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan) untuk mendukung produktivitas seluruh pengguna ekosistemnya mulai dari pelanggan hingga mitra menjalani kesehariannya dengan lebih aman, nyaman, dan terjaga kesehatannya.
Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita menyebutkan bahwa sejak awal pandemi, perusahaan karya anak bangsa tersebut telah melakukan berbagai penyesuaian pada layanan-layanannya sehingga Gojek tetap menjadi andalan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Memasuki tatanan hidup baru melalui inisiatif J3K, Gojek semakin fokus berinovasi untuk mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan, dan keamanan.

"Inisiatif ini kami hadirkan tanpa ada pembebanan biaya tambahan karena kami percaya bahwa rasa aman dan nyaman harus diberikan kepada setiap mitra, pelanggan, dan masyarakat luas," tegas Nila dalam keterangan tertulis, Kamis (2/7/2020).

Tiga aspek utama inisiatif J3K Gojek meliputi:

1. Jaga Kesehatan (menerapkan gaya hidup sehat)

Gojek menyerukan penerapan gaya hidup sehat, terutama bagi para mitra drivernya. Inisiatif Gojek untuk Jaga Kesehatan antara lain adalah mewajibkan mitra drivernya untuk mengecek suhu tubuh secara berkala yang bisa dilakukan di 200 titik Posko Aman J3K di berbagai kota besar. Protokol pengecekan suhu tubuh juga wajib bagi karyawan mitra usaha GoFood.

Selain itu, Gojek terus memberikan informasi prosedur kesehatan kepada pelanggan melalui shuffle card di aplikasi Gojek.

"Gojek juga fokus mengembangkan layanan GoMed sehingga kini pelanggan dapat membuat janji melakukan rapid test COVID-19, di samping juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, membuat janji tatap muka dengan dokter dan lain sebagainya yang terkait pelayanan kesehatan, bekerja sama dengan layanan Halodoc," jelas Nila.

GoMed sendiri merupakan layanan konsultasi daring dengan dukungan lebih dari 20.000 dokter berlisensi termasuk yang memiliki pengetahuan mengenai COVID-19. Pelanggan bisa berkonsultasi mengenai gejala kesehatan dan melakukan pemeriksaan mandiri terkait COVID-19.

2. Jaga Kebersihan (memastikan kebersihan ekosistem)

Sementara itu, Jaga Kebersihan di dalam inisiatif J3K adalah program Gojek dalam memastikan kebersihan ekosistem, salah satunya dengan menghadirkan Posko Aman J3K sebagai tempat melakukan disinfeksi kendaraan dan helm, pendistribusian masker, hairnet, dan hand sanitizer bagi para mitra driver di seluruh layanan Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoShop, GoMart, GoSend, dan GoBox.

"Upaya lain dalam menjaga kebersihan ekosistem adalah dengan menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. Mitra GoFood diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis. Di layanan GoFood, kami juga menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan," ujar Nila.
https://indomovie28.net/gintama-shirogane-no-tamashii-hen-episode-19/