Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya segala keindahan yang dicari oleh wisman. Hanya menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, ada satu permasalahan penting yang mengganjal.
Sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo satu periode yang lalu, Kemenparekraf diberi mandat untuk menarik wisman sebanyak-banyaknya. Tahun 2019 lalu misalnya, Menpar terdahulu Arief Yahya diberi mandat untuk menarik wisman sebanyak 20 juta.
Hanya saja, target yang diberikan oleh pemerintah itu tidak tercapai karena bencana alam, resesi ekonomi dan faktor lainnya. Kini, Menparekraf Wishnutama adalah pihak yang dipercaya memikul tanggung jawab besar itu.
Hadir sebagai narasumber dalam webinar mingguan rutin Bincang Bisnis ASITA, Sabtu (2/5/2020), Wishnutama pun bercerita sedikit soal peliknya menarik wisman ke Indonesia. Tantangan yang diwarisinya dari Menpar terdahulu.
Dijelaskan oleh Wishnutama, salah satu masalah di balik sulitnya pencapaian target Kemenparekraf ternyata berada di seat capacity atau daya angkut yang dimiliki maskapai di Indonesia. Wishnutama pun membandingkan seat factor Indonesia dengan negara tetangga.
"Meningkatkan seat capacity ke Indonesia. Jumlah seat capacity ke Thailand 55 juta, ke Malaysia 40 juta, seat capacity per tahun ke Indonesia 20 juta. 5,5 juta dipakai orang Indonesia untuk ke luar negeri, tinggal 13,5 juta seat capacity ke Indonesia yang realistis," ujar Wishnutama.
Itu adalah perhitungan jumlah seat capacity Indonesia untuk penerbangan internasional. Padahal, sekitar 70% lebih wisman datang ke Indonesia lewat jalur udara. Sisanya adalah via jalur laut dan darat.
"Terus kalau target ke Indonesia 20 juta sisanya suruh gimana ke Indonesia? Mari kita pakai logika. Bagaimana kita meningkatkan seat capacity ke Indonesia? Saya yakin kalau seat capacity kita bisa sama kayak Malaysia 40 juta, jumlah wisatawan kita sama kayak Malaysia," ujar Wishnutama.
Di era Menpar Arief Yahya, keterbatasan seat capacity memang telah jadi isu lama. Kemenparekraf kini di bawah Wishnutama harus bersinergi bersama pihak Kemenhub untuk dapat menyelesaikan persoalan itu apabila ingin menarik wisman lebih banyak.
Wishnutama dan 'The New Normal' Industri Pariwisata Pasca Corona
Ada banyak perubahan di industri pariwisata akibat COVID-19. Hal itu juga dibicarakan oleh Menparekraf Wishnutama sebagai The New Normal.
Pandemi corona telah mengubah pola interaksi dan bersosialisasi para pelaku industri pariwisata di tengah COVID-19. Tak hanya kini, trend tersebut juga diperkirakan semakin berkembang pasca pandemi corona berakhir.
Obrolan seputar tema itu pun dibahas dalam webinar mingguan rutin Bincang Bisnis ASITA, Sabtu (2/5/2020), dengan Menparekraf Wishnutama sebagai narasumbernya. Gagasan itu juga telah ia kemukakan dalam pertemuan antar Menteri negara G-20 beberapa waktu yang lalu.
"Tak ada satu pun negara yang tak terdampak COVID-19. Indonesia menginisiasikan untuk mempersiapkan The New Normal. Hal-hal yang diminati nanti atau yang diharuskan pasca pandemi COVID-19, dari higienitas toilet, safety, justru kembali ke basic," ujar Wishnutama.
Hal-hal mendasar seperti kebersihan di objek wisata akan kembali ditegaskan apabila pandemi corona usai. Termasuk juga soal keamanan di objek wisata.
"Karena itu Kemenparekraf dan kementerian lain akan memfokuskan ke hal-hal yang sangat prinsip, misalnya toilet. Toilet bersih itu hal yang harus ada di setiap destinasi wisata. Pak Jokowi pengen betul destinasi-destinasi punya standar toilet seperti di Mandalika," ujar Wishnutama.
Sebagai satu dari 5 destinasi super prioritas, Mandalika di NTB adalah salah satu yang serius digarap oleh pemerintah. Hanya ke depannya, standar kebersihan serupa diharap dapat diterapkan di seluruh destinasi wisata Indonesia.
Ke depannya, Wishnutama bersama para pemimpin negara ASEAN juga saling berkomunikasi untuk berbagi soal The New Normal pasca pandemi COVID-19. Ada beberapa hal yang akan didiskusikan ke depannya.
"Kita lagi membuat riset dan mempelajari dengan sesama negara ASEAN untuk memberi masukan soal New Normal dan kita harapkan ada semacam sertifikasi untuk destinasi atau tempat wisata dan hotel yang memenuhi kriteria tersebut. Memberi rasa aman bagi pengunjung," tutup Wishnutama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar