Senin, 27 Januari 2020

Di Thailand, Kemenpar Perkuat Peran GenWI

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan terus memperkuat peran dari Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) agar dapat lebih intens mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. Untuk menyamakan pandangan mengenai pariwisata Indonesia maka sejumlah workshop digelar, seperti GenWI di Thailand.

Kegiatan yang digelar adalah Konsolidasi dan Workshop Kampanye Wonderful Indonesia. Acara dilangsungkan di Multi Purpose Room (LA 107-108) Faculty Liberty Arts Thammasat University Tha Phra Chan Campus, Thailand.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono sebagai salah satu narasumber mengatakan GenPI dan GenWI adalah garda terdepan Kemenpar. Tujuannya, untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Bedanya, GenPI berpromosi di dalam negeri, GenWI di luar negeri. Tapi cara yang ditempuh tetap sama. Melalui media sosial," papar Don, dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Don menjelaskan, kegiatan ini juga menyentuh GenWI lain. Seperti Singapura, Malaysia, dan New Zealand, Australia, juga Filipina.

"Kita ingin menyamakan persepsi. menyamakan pola pandang tentang bagaimana pariwisata Indonesia. Juga bagaimana mempromosikannya di media sosial. Termasuk apa saja yang bisa dipromosikan. Jadi ada standar saat mereka mulai bermain di media sosial," katanya.

Don menambahkan, selama ini ada beberapa GenWI yang sangat eksis. Salah satunya adalah GenWI Jepang. Bahkan, konsistensi GenWI Jepang dibuktikan dengan penghargaan yang diraih beberapa waktu lalu.

Selain itu, eksistensi juga diperlihatkan GenWI New Zealand. Beberapa kali GenWI New Zealand terlibat aktif dalam sejumlah event.

"Hal-hal seperti itu yang kita inginkan. Kalau melalui media sosial, kita tidak perlu ragu. Karena, GenPI dan GenWI memang memanfaatkan sarana itu. Namun, kita juga berharap ada aktivitas offline yang mereka lakukan. Ada momen yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saat ada event sport tourism dan lain-lain," papar Don.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berharap GenWI bisa terus memperkenalkan pariwisata Indonesia.

"Tapi, tentunya kita berharap mereka juga melakukan terobosan. Melakukan inovasi. Sehingga, promosi yang dilakukan menjadi efektif. Menjadi tepat. Karena, GenWI tenatu lebih tau market dan bagaimana treatment menghadapi masyarakat setempat," paparnya.

Ini Rasanya Naik Kereta Commuter di Tokyo Disneysea

 Salah satu fasilitas di Disneysea adalah kereta commuternya. Dari kereta saja kita sudah bisa rasakan cerianya bermain di Disney.

Disney sudah menjadi bagian dari budaya pop masyarakat dunia. Tak heran, saking banyaknya pencinta karya-karya Disney di seluruh dunia, didirikanlah pusat-pusat hiburan bernuansa Disney yang disebut dengan Disney Resort.

Di Tokyo, Jepang, Disney Resort dilengkapi dengan akses transportasi massal berupa kereta commuter. Yang menakjubkan, kereta ini disiapkan dengan berbagai keunikan yang memanjakan penumpangnya.

Di Jepang, awal bulan Mei dikenal dengan istilah Golden Week atau minggu emas yakni gabungan dari beberapa hari libur resmi yang berdekatan dalam satu minggu. Periode Golden Week bergantung pada tahunnya, tetapi dimulai sekitar 29 April dan berakhir sekitar 5 Mei.

Periode ini menjadi salah satu periode liburan tersibuk di Jepang. Para pekerja dan anak-anak sekolah akan libur sepanjang goldeen week dan biasanya melakukan perjalanan liburan bersama keluarga dan mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu objek wisata yang paling ramai dikunjungi keluarga baik wisatawan lokal maupun mancanegara di Jepang yakni Tokyo Disneysea.

Tokyo Disneysea merupakan bagian dari Tokyo Disney Resort yang berisikan wahana hiburan, hotel, restoran, teater broadway, dan berbagai toko-toko menarik. Uniknya, dari stasiun kereta api terdekat akan disediakan kereta commuter bagi yang ingin menuju Tokyo Disney Resort maupun Disneysea.

Stasiun terdekat dari Tokyo Disney Resort adalah Stasiun JR Maihama. Operasional commuter ini dijalankan profesional sebagaimana operasional kereta commuter di Jepang pada umumnya. Yang membuat menarik dan berdecak kagum adalah eksterior dan interior kereta commuternya.

Jendela-jendela di sepanjang rangkaian kereta ini dibuat berbentuk kepala Mickey Mouse, yang merupakan tokoh kartun sekaligus ikon dari Disney. Penumpang bisa menyaksikan pemandangan kota Tokyomaupun Tokyo Resort yang indah melalui jendela unik ini.

Kursi-kursi penumpang ada yang dibentuk setengah lingkaran dengan pola warna-warni yang unik, namun ada juga yang seperti commuter biasanya yakni lurus di sepanjang kanan-kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar