Pemilik usaha kuliner Nasi Uduk Betawi di Surabaya Adhi Setyo Priyoso adalah salah satu inisiator dan penggerak kegiatan Jumat Berkah yang telah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Kegiatan ini sudah diselenggarakan selama 20 kali dan masih diadakan secara rutin hingga saat ini.
Jumat Berkah merupakan inisiatif para pelaku UMKM kuliner, anggota Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya untuk membagikan makanan gratis kepada warga Kota Surabaya yang paling membutuhkan. Inisiatif ini merupakan satu dari berbagai kegiatan oleh ribuan pelaku UMKM kuliner yang tergabung di KOMPAG yang berfokus menjadi wadah edukasi, berbagi pengalaman, serta tips dan trik dari sesama pelaku usaha dan ahli bidang kuliner.
https://nonton08.com/movies/the-scorpion-king-2/
"Selain sebagai bentuk kepedulian untuk sesama, semangat gotong royong untuk tingkatkan pendapatan para pelaku usaha kuliner di Surabaya adalah motivasi terbesar kami mengadakan kegiatan Jumat Berkah. Jadi, modal awal untuk kegiatan ini kami kumpulkan secara sukarela, kemudian secara bergiliran, kami memilih rumah makan sesama anggota yang akan menyiapkan menu andalannya untuk dibagikan ke warga Surabaya yang ditargetkan menjadi penerima bantuan. Sejauh ini pengorganisiran berbasis solidaritas ini sangat efektif dan kami yakin ini adalah satu cara untuk kita sama-sama bangkit dari tantangan pandemi," kata Adhi dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).
Menurut pria kelahiran tahun 1982 ini, menjalankan bisnis kuliner, terlebih di masa pandemi memang penuh tantangan. Bisnis nasi uduknya pun sempat mengalami penurunan transaksi hingga akhirnya ia memilih untuk fokus mengembangkan hanya 1 outlet rumah makan Nasi Uduk Betawi di daerah Wiyung, Surabaya.
Tantangan silih berganti, faktor eksternal juga memberi pengaruh terhadap usaha. Namun Adhi meyakini setiap individu perlu memiliki mindset yang terbuka. Sejak 2015, Adhi merasakan kesempatan yang semakin terbuka lebar lewat keberadaan usahanya di platform digital GoFood. Selain itu, Adhi menekankan pentingnya networking dan kolaborasi untuk semakin memperluas wawasan dalam berbisnis dan menemukan kesempatan.
"Dengan berdiskusi bersama para pelaku usaha, saya mendapat banyak pengetahuan dan inspirasi untuk bertahan di masa sulit, bahkan dapat tetap mengembangkan usaha. Saya pelajari bagaimana rekan-rekan saya menerapkan strategi marketing seperti beriklan lewat media sosial, membuat program diskon sampai bagaimana terus menjaga kepercayaan pelanggan hingga dapat mempertahankan rating yang bagus di aplikasi GoFood," kata dia.
Kabar baiknya lagi, lanjut Adhi, di GoFood hal-hal ini dapat dilakukan secara mudah. Caranya dengan mengakses aplikasi untuk mitra usaha, GoBiz, mulai dari beriklan, memilih program promosi bisa saya lakukan secara mudah dalam 1 aplikasi.
Selain itu, tips yang diberikan GoFood juga beragam, mulai dari tips meningkatkan rating di aplikasi online hingga tips pemasaran kreatif juga rutin dibagikan. Dengan menggunakan beberapa tips tersebut, Nasi Uduk Betawi berhasil mengalami kenaikan omzet 10 hingga 20 persen setiap bulan di awal 2021 ini.
"Saya optimis angka ini meningkat di hari-hari terakhir bulan Ramadhan, memasuki masa libur Idul Fitri ini. Apalagi GoFood memiliki banyak program promosi yang bisa saya manfaatkan supaya makin banyak pembeli. Selain Promo Bermakna Ramadan 2021, promosi yang selalu saya ikuti setiap tahun adalah promosi di periode Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS), yang tahun ini berlangsung dari tanggal 5-10 Mei dan mengajak para pelanggan untuk jajan dari UMKM kuliner nusantara walau masih harus di rumah saja. Saat mengikuti promo ini di tahun sebelumnya, Nasi Uduk Betawi sukses mencatat kenaikan omzet sampai 100 persen," tuturnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar