Rabu, 23 Desember 2020

Harbolnas 2020 Raup Rp 11,6 Triliun, Produk Lokal Mendominasi

 Meski tahun ini digelar di tengah pandemi, Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12 tetap disambut dengan antusias. Bahkan angka penjualannya naik cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam survei yang dilakukan Nielsen Indonesia, estimasi total penjualan Harbolnas 2020 mencapai Rp 11,6 triliun, naik Rp 2,5 triliun dari tahun 2019. Padahal penetrasi Harbolnas tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu 64%.


Survei ini dilakukan Nielsen Indonesia pada 14 Desember 2020 dengan 1.156 responden di 56 kota yang berusia 15 tahun ke atas dan merupakan pengguna internet.


Dari estimasi total penjualan ini, kontribusi penjualan produk lokal hampir mendominasi dengan angka Rp 5,6 triliun atau 48% dari estimasi total penjualan. Angka ini mencatat kenaikan Rp 1 triliun dari tahun sebelumnya.


"Pertumbuhan belanja lokal dipengaruhi campaign Bangga Buatan Indonesia, itu kalau kita lihat awareness-nya sekitar 48%. Jadi saya rasa ini ada kontribusinya untuk men-stimulate interest shopper terhadap produk lokal," kata Director Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/12/2020).


Pertumbuhan penjualan Harbolnas 2020 secara nasional meningkat 28%. Pertumbuhan ini paling banyak didorong oleh mereka yang tinggal di luar Pulau Jawa dengan kenaikan 97% dibandingkan tahun sebelumnya.


Untuk kategori barang yang dibeli masih sama seperti tahun sebelumnya. Kategori seperti fashion, kosmetik dan gadget masih berada di posisi teratas dengan persentase peningkatan satu digit.


Kategori yang paling besar pertumbuhannya adalah perawatan pribadi seperti sabun dan perawatan wajah (naik 21%), makanan dan minuman (naik 19%) dan kebutuhan sehari-hari seperti tisu dan popok bayi (16%).


"Ini yang kita lihat di Harbolnas sebelumnya tidak pernah terjadi. Dan ini sempat kita prediksikan juga sebelumnya bahwa personal care, food and beverage, dan daily akan naik tahun ini," jelas Rusdy.


Tidak hanya menawarkan diskon dan promo besar-besaran, momen belanja online tahun ini juga berhasil mendorong lebih banyak orang menjadi wirausaha. Hal ini terlihat dari 7% penjual online baru di e-commerce yang mengaku terinspirasi oleh Harbolnas.


"Harbolnas tidak hanya menjadi tempat belanjanya online shopper tapi juga sebagian masyarakat merasa ini menjadi waktu yang tepat untuk menjadi online seller," pungkasnya.

https://nonton08.com/movies/son-of-rambow/


Menkominfo Lantik Sekjen Kominfo Mira Tayyiba


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melantik Sekjen Kominfo Mira Tayyiba menggantikan Rosita Niken Widiastuti yang telah pensiun akhir Oktober lalu.

Di kesempatan yang sama, Menkominfo juga melantik Hary Budiarto sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menggantikan Basuki Yusuf Iskandar.


"Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Rabu tanggal 23 Desember 2020, saya Menteri Komunikasi dan Informatika dengan ini resmi melantik saudara-saudari dalam jabatan baru di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia," kata Johnny, Rabu (23/12/2020).


"Saya percaya bahwa saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa bersama kita," ucap Johnny di akhir pelantikan.


Setelah itu, Mirra Tayyiba dan Hary Budiarto pun mengucapkan sumpah jabatan pimpinan tinggi madya.


Mirra Tayyiba berhasil jadi Sekjen Kominfo dengan mengalahkan para pesaingnya, seperti Fajar Budiantoro, Hari Kristijo, Mirza Sofyanhadi Mashudi, Noor Iza, Sumariyandono, Syaifullah, dan Wayan Toni Supriyanto.


Sedangkan Harry Budiarto mampu menyisihkan nama-nama Abdul Ghofar, Agus Fanar Syukri, Bonifasius Wahyu Pudjianto, Bonivasius Prasetya Ichtiarto, Dwi Handoko, Geryantika Kurnia, Hary Budiarto, Hedi M. Idris, Mohammad Mustafa Sarinanto, Muhammad Sumitro, Septriana Tangkary, Wiryanta, dan Yan Rianto.


Adapun pelantikan Mirra Tayyiba dan Hary Budiarto ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 200/TBA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

https://nonton08.com/movies/kung-fu-hustle/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar